Rangkuman Milis Sehat

Tanpa bermaksud mengungguli websitenya Dr. Wati maupun milis Sehat, ini hanya bermaksud merangkum semua informasi kesehatan yang pernah diposting di Milis Sehat. Terima kasih tidak terhingga untuk Dr. Wati atas usahanya mencerdaskan para orang tua agar lebih pintar dalam menghadapi anak sakit dan bijaksana terhadap penggunaan obat.

My Photo
Name:
Location: Jakarta, Indonesia

Ayah, Mama, Anak kesatu dan Anak kedua; begitu Audrey mendefinisikan keluarga kecil kami.

Wednesday, September 14, 2005

Diare, Muntah dan Dehidrasi

Masih dari tulisannya Dr. Purnamawati SpaK.
Sangat bermanfaat ketika anak diare atau muntah, biar enggak kayak pengalamanku waktu Audrey kecil, dikit-dikit kasih obat, padahal enggak perlu malah membuat tubuhnya mendapatkan zat kimia yang berbahaya :-(
Diare

Diare adalah gangguan pencernaan yang biasa dialami oleh semua orang, termasuk anak-anak. Diare adalah keluarnya feses yang berair. Diare juga berarti makin seringnya frekuensi buang air besar. Diare dapat disebabkan infeksi oleh mikroorganisme seperti virus, bakteri, ataupun parasit. Penyebab lainnya adalah konsumsi obat-obatan, terutama antibiotik, dan pemakaian pemanis buatan.

Diare biasanya akan berlangsung dalam 1 minggu (3 hingga 6 hari) kemudian akan sembuh sendiri. Diare kronik berlangsung lebih lama daripada diare akut. Dan biasanya merupakan petanda terdapat gangguan kesehatan yang lebih serius seperti infeksi kronik, absorpsi zat gizi yang tidak baik dan maksimal (malaabsorpsi) ataupun disebabkan oleh penyakit yang disebut Irritable Bowel Syndrome.

Anak dengan diare yang disebabkan oleh infeksi biasanya didahului dengan gejala demam dan muntah. Setelah itu baru timbul diare. Biasanya anak akan merasa “tidak enak” tapi tidak merasa sakit. Infeksi oleh bakteri ataupun parasit biasanya menyebabkan fesesnya bercampur darah.


Penyebab Diare

Normalnya, makanan dan minuman yang kita cerna akan terdapat dalam bentuk cairan selama proses pencernaan. Ketika melewati usus besar, sebagian besar cairan akan diserap sehingga menyebabkan konsistensi feses menjadi agak padat. Pada keadaan diare, makanan dan minuman yang kita cerna melewati usus besar terlalu cepat ataupun terlalu banyak. Sehingga sebagian besar cairan tidak dapat diserap. Hal tersebut juga dapat disebabkan apabila lapisan mukosa yang menyelimuti usus besar mengalami inflamasi (radang) ataupun mengalami proses patologis (kelainan).

Penyebab paling sering diare antara lain:

§ Virus.
Penyebab paling sering pada anak adalah Rotavirus dan Adenovirus. Biasanya tertular akibat kontak langsung.
§ Bakteri.
Penyebab paling sering antara lain Campylobacter, Salmonella, Shigella, dan Escherichia coli. Biasanya tertular dari makanan ataupun minuman yang terkontaminasi bakteri. Beberapa bakteri menghasilkan zat toksin yang menyebabkan sel usus halus memproduksi cairan melebihi kemampuan usus besar untuk menyerap cairan, keadaaan tersebut yang menyebabkan terjadinya diare.
§ Parasit.
Antara lain Giardia lamblia dan Cryptosporidium. Biasanya tertular dari makanan ataupun minuman yang terkontaminasi parasit.

Laktosa, salah satu jenis gula yang terdapat dalam susu atupun produk yang terbuat dari susu juga dapat menyebabkan diare pada beberapa orang (Intoleransi laktosa).

Diare juga dapat terjadi akibat efek samping obat-obatan yang dikonsumsi, terutama antibiotik. Hal tersebut terjadi karena antibiotik dapat mengganggu keseimbangan alamiah bakteri yang terdapat di usus halus.


Tata Laksana Diare dan Dehidrasi
Untuk anak yang menderita diare ringan, pemberian makanan maupun susu dapat diteruskan seperti biasa. Pemberian ASI harus diteruskan. Jika anak terlihat kembung ataupun sering flatus setelah minum susu sapi ataupun susu formula, segera berkonsultasi dengan DSA untuk mengubah pola makan sementara waktu. Cairan khusus tidak diperlukan untuk anak dengan sakit ringan.

Untuk anak dengan diare moderat masih dapat dirawat di rumah dengan observasi ketat, pemberian cairan khusus, dan konsultasi DSA. DSA akan merekomendasikan jumlah dan lamanya penggunaan cairan khusus yang diperlukan. Nantinya anak dapat kembali memulai pola makannya seperti biasa lagi. Beberapa anak yang sedang menderita diare tidak dapa mentoleransi susu sapi sehingga DSA menganjurkan untuk menghentikan sementara pemberiannya. Pemberian ASI terus diberikan.

Berbagai cairan khusus telah dibuat untuk mengganti kehilangan cairan dan elektrolit selama terjadinya diare. Cairan tersebut sangat membantu dalam tata laksana diare. Jangan berusaha untuk membuat cairan khusus tersebut sendiri oleh karena komposisi bahannya yang agak rumit, sehingga pada akhirnya justru dapat membahayakan anak. Cairan khusus yang ada saat ini antara lain:

§ Pedialyte (Ross laboratories).
§ Infalyte (Mead Johnson nutritionals).
§ ReVital (PTS Labs).

Selain itu masih banyak cairan khusus lainnya termasuk yang generik.

Jika anak tidak muntah, pemberian cairan khusus dapat diberikan hingga frekuensi buang air kecil anak normal kembali.

Jika anak mengalami diare berat, cairan pengganti mungkin diberikan melalui selang infus di ruang gawat darurat selama beberpa jam untuk memperbaiki keadaan dehidrasi. Biasanya tidak diperlukan perawatan di rumah sakit.

Pemberian antibiotik tidak akan menyembuhkan diare yang disebabkan oleh virus yang merupakan penyebab tersering terjadinya diare.

Selama penyakit ini berjalan secara alamiah berikut beberapa hal yang harus dan yang tidak boleh dilakukan.

Harus dilakukan:

§ Memperhatikan apakah terdapat tanda-tanda dehidrasi seperti, berkurangnya frekuensi buang air kecil, tidak ada air mata saat menangis, demam tinggi, mulut kering, berat badan turun, anak terlihat sangat kehausan,lesu tidak bergairah, kelopak mata cekung.
§ Beritahu DSA jika ada perubahan signifikan yang terjadi.
§ Laporkan DSA jika terdapat darah pada fesesnya ataupun demam tinggi (lebih dari 1020F/390C).
§ Teruskan pemberian makan seperti biasa jika anak tidak muntah. Namun berikanlah dalam jumlah yang lebih sedikit ataupun berikan makanan yang tidak membuat perut anak merasa tidak enak.
§ Berikan cairan pengganti khusus jika anak haus.


Tidak boleh dilakukan:

§ Membuat sendiri cairan pengganti di rumah tanpa informasi yang benar dan tepat dari DSA.
§ Tidak memberikan anak makan saat lapar.
§ Memberikan susu yang direbus, ataupun kaldu daging maupun sup yang asin.
§ Memberikan obat-obat “anti-diare”, kecuali memang diresepkan oleh DSA.


Konsulatasi DSA

Orang tua harus segera berkonsultasi dengan DSA apabila anak berusia kurang dari 6 bulan atau memiliki gejala-gejala:

§ Diare berlangsung lebih dari 1 minggu.
§ Terdapat darah pada fesesnya.
§ Muntah yang sering.
§ Nyeri perut.
§ Demam tinggi.
§ Terlihat sangat lemah.
§ Tanda-tanda dehidrasi, seperti:
Ù Frekuensi buang air kecil berkurang (kurang dari 6 popok/hari).
Ù Tidak ada air mata ketika menangis.
Ù Tidak mau minum.
Ù Mulut kering.
Ù Berat badan turun.
Ù Terlihat sangat kehausan.
Ù Terlihat mengantuk dan tidak responsif.

Sedangkan orang tua tidak perlu terburu-buru berkonsultasi dengan DSA jika anak terlihat baik-baik saja meskipun disertai dengan gejala-gejala:

§ Frekuensi buang air besar yang sering ddan dengan feses yang banyak.
§ Sering flatus.
§ Feses berwarna kuning ataupun hijau.


Diagnosis Diare

DSA akan menanyakan beberapa hal mengani gejala-gejala yang terjadi dan menentukan apakah telah terjadi dehidrasi. Beritahukan DSA obat-obatan yang sedang dikonsumsi, termasuk obat yang dibeli bebas.

DSA kemudian akan melakukan pemeriksaan perut untuk melokalisasi nyeri yang dirasakan, mendengarkan suara perut (bising usus) dengan menggunakan stetoskop, dan melakukan pemeriksaan melalui anus jika diperlukan. Jika diarenya berat ataupun telah kronik, biasanya akan dilakukan pemeriksaan feses.


Pencegahan Diare

Beberapa hal dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya diare, antara lain:

§ Mencuci tangan.
§ Gunakan produk terbuat dari susu yang telah dipasteurisasi untuk membunuh bakteri.
§ Jangan biarkan makanan pada suhu ruangan oleh karena dapat merangsang pertumbuhan bakteri.
§ Masaklah makanan dan air minuman hingga matang.


Muntah

Pada anak-anak, muntah biasanya terjadi karena berbagai rangsangan, antara lain, sakit, menelan bahan toksik, ataupun stres emosional akibat tekanan di lingkungan sekolah maupun rumah.

Muntah yang hanya terjadi satu kali tidak perlu dikhawatirkan. Sedangkan muntah yang berlangsung berulang kali dapat merupakan petanda bahwa anak memerlukan bantuan medis. Terutama apabila disertai dengan gejala-gejala seperti nyeri perut, demam, ataupun sakit kepala.


Segera berkonsiltasi dengan DSA apabila muntah yang terjadi disertai dengan gejala-gejala:

§ Nyeri perut.
§ Terdapat darah ataupun cairan empedu (berwarna hijau) pada muntah.
§ Anak terlihat linglung, apatis, dan menjadi cengeng.
§ Telah mengalami diare lebih dari 12 jam.
§ Terdapat tanda-tanda dehidrasi.
§ Selalu muntah setiap sehabis diberi makan dalam 12 jam terakhir.


Tata Laksana Muntah

Muntah biasa terjadi pada anak dan sering membuat rasa tidak nyaman. Walaupun begitu, biasanya mintah yang terjadi tidak berbahaya dan segera berakhir. Selama muntah, harus diperhatikan jangan sampai terjadi dehidrasi akibat kehilangan cairan, terutama apabila disertai dengan gejala demam dan diare. Biasanya anak tidak akan napsu makan, maka teruslah mendorong anak untuk selalu minum. Biarkan anak memilih minuman yang disukainya. Hindari pemberian minuman yang kadar gula dan kafeinnya tinggi karena justru akan membuat anak menjadi sering buang air kecil dan memperburuk terjadinya kehilangan cairan.

Ketika muntahnya telah berhenti selama beberapa jam dan tidak terjadi lagi kehilangan cairan, mulailah memberinya makanan yang ia suka. Beberapa pilihan antara lain roti panngang, bubur gandum, pisang, saus apel, ataupun telur rebus. Sebaiknya jangan berikan makanan yang terbuat dari susu maupun makanan yang mengadung serat tidak larut dalam air seperti sayuran dan buah berserat, serta sereal kulit padi hingga perut anak terasa sudah lebih nyaman. Segera berikan pola makan seperti biasa kembali jika keadaan anak sudah membaik.

8 Comments:

Blogger tandybrinick54906712 said...

i thought your blog was cool and i think you may like this cool Website. now just Click Here

10:19 AM  
Blogger philgribbel7269 said...

I really enjoyed your blog. This is a cool Website Check it out now by Clicking Here . I know that you will find this WebSite Very Interesting Every one wants a Free LapTop Computer!

10:46 PM  
Blogger markhuron32784891 said...

Make no mistake: Our mission at Tip Top Equities is to sift through the thousands of underperforming companies out there to find the golden needle in the haystack. A stock worthy of your investment. A stock with the potential for big returns. More often than not, the stocks we profile show a significant increase in stock price, sometimes in days, not months or years. We have come across what we feel is one of those rare deals that the public has not heard about yet. Read on to find out more.

Nano Superlattice Technology Inc. (OTCBB Symbol: NSLT) is a nanotechnology company engaged in the coating of tools and components with nano structured PVD coatings for high-tech industries.

Nano utilizes Arc Bond Sputtering and Superlattice technology to apply multi-layers of super-hard elemental coatings on an array of precision products to achieve a variety of physical properties. The application of the coating on industrial products is designed to change their physical properties, improving a product's durability, resistance, chemical and physical characteristics as well as performance. Nano's super-hard alloy coating materials were especially developed for printed circuit board drills in response to special market requirements

The cutting of circuit boards causes severe wear on the cutting edge of drills and routers. With the increased miniaturization of personal electronics devices the dimensions of holes and cut aways are currently less than 0.2 mm. Nano coats tools with an ultra thin coating (only a few nanometers in thickness) of nitrides which can have a hardness of up to half that of diamond. This has proven to increase tool life by almost ten times. Nano plans to continue research and development into these techniques due to the vast application range for this type of nanotechnology

We believe that Nano is a company on the move. With today�s steady move towards miniaturization we feel that Nano is a company with the right product at the right time. It is our opinion that an investment in Nano will produce great returns for our readers.

Online Stock trading, in the New York Stock Exchange, and Toronto Stock Exchange, or any other stock market requires many hours of stock research. Always consult a stock broker for stock prices of penny stocks, and always seek proper free stock advice, as well as read a stock chart. This is not encouragement to buy stock, but merely a possible hot stock pick. Get a live stock market quote, before making a stock investment or participating in the stock market game or buying or selling a stock option.

6:32 AM  
Blogger meganmiller7924 said...

I read over your blog, and i found it inquisitive, you may find My Blog interesting. So please Click Here To Read My Blog

http://pennystockinvestment.blogspot.com

9:50 AM  
Blogger leanordmiller1917992332 said...

Get any Desired College Degree, In less then 2 weeks.

Call this number now 24 hours a day 7 days a week (413) 208-3069

Get these Degrees NOW!!!

"BA", "BSc", "MA", "MSc", "MBA", "PHD",

Get everything within 2 weeks.
100% verifiable, this is a real deal

Act now you owe it to your future.

(413) 208-3069 call now 24 hours a day, 7 days a week.

9:49 PM  
Blogger uii profile said...

http://blog-nailah.blogspot.com/2012/09/jajanan-sehat-bagi-anak.html#.UJIYC2dpHs0

11:38 PM  
Blogger uii profile said...

I would like to thank you for the efforts you have made in writing this article
nice post, that's very interesting information thanks for sharing :)
I introduce a Medical student in Islamic University of Indonesia Yogyakarta

11:39 PM  
Blogger sun bisnis said...

FOREDI GEL (Khusus Pria - Pemakaian Luar)

ANTI SEPTIK untuk melindungi dari jamur maupun bakteri berbahaya sekaligus Mengatasi ejakulasi dini yang berkhasiat 5-8 jam, PERTAMA ada di dunia! direkomendasikan langsung oleh Boyke Dian Nugraha (Pakar Kesehatan Reproduksi).

Lebih lengkap lagi tentang FOREDI serta cara membeli silahkan baca disini: Beli Foredi


GASA adalah 100% produk herbal, menjadi solusi bagi anda yang membutuhkan produk herbal "keperkasaan pria" yang AMAN, LEGAL & BERKUALITAS TINGGI! GASA untuk atasi DISFUNGSI EREKSI (DE), IMPOTENSI & tingkatkan LIBIDO pria, membuat Pria "di kagumi" di mata istri, TANPA efek samping yang merugikan semacam sakit kepala & jantung berdebar! TIDAK seperti pada obat kuat pada umumnya! AMAN & LEGAL ijin DEPKES RI. Lebih lengkap tentang GASA dan Cara Membeli:
Beli Gasa



Untuk Jadi Agen Obat Kuat Foredi, Bisa menghubungi Nomo HP Kami di Link tersebut.

Terima kasih, Salam Hangat!!!

8:47 PM  

Post a Comment

<< Home